Baldwine Honest

Pengelola dan Pendidik PAUD Handayani 4 Balikpapan...

Selengkapnya
MUSIK DAN KECERDASAN ANAK

MUSIK DAN KECERDASAN ANAK

Musik adalah kombinasi suara-suara atau instrument-instrumen yang menghasilkan bunyi serta harmonisasi yang enak untuk didengar. Musik adalah salah saru nutrisi untuk perkembangan kecerdasan anak. Menurut Don Chambell, dengan teoti efek mozartnya, mengatakan bahwa musik klasik dapat mempengaruhi kecerdasan anak sejak dalam kandungan.

Musik dan gerakan merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi balita. Anak masih senang berlari, melompat, dan menggoyang-goyangkan tubuhnya. Dengan musik, gerakan anak bisa lebih terkoordinir, teratur, karena ada irama yang harus diikuti. Banyak aspek kecerdasan anak yang berkembang melalui musik :

1.Perkembangan sosial emosi.

Melalui gerak dan lagu, yatu bergerak, bernyanyi diiringi sebuah lagu, anak akan menjadi bersemangat. Anak yang pada awalnya hanya duduk diam. Akan bangun dan bergerak mengikuti irama, apabila teman-temannya mengikuti gerak yang sama. Musik yang tenang akan membuat anak menjadi tenang dan rileks. Menampilkan lagu dan tarian daerah bisa menumbuhkan rasa nasionalisme pada anak sejak dini.

2. Perkembangan fisik.

Dengan menari, akan mengembangkan motorik kasar anak. Sedangkan ketrampilan motorik halus terasah bila anak memainkan instrument musik.

3. Perkembangan kognitif.

Berhitung, mengetahui konsep huruf, dan bentuk bisa dilakukan anak melalui bernyanyi. Mengembangkan konsep simbolik bisa dilakukan dengan menirukan gerakan benda atau hewan tertentu melalui gerakan tarian dan lagu.

4. Perkembangan bahasa.

Melalui lagu, anak belajar mengenal kosakata baru. Melalui musik, juga memfungsikan indra pendengaran anak sejak awal, juga meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.

Melihat begitu pentingnya musik untuk mengembangan aspek kecerdasan anak, maka alangkah baiknya bila kita bisa menyisipkan musik di dalam permainan anak-anak kita. Namun yang perlu diingat, musik dan lagu yang kita ajarkan adalah yang bernuansa anak-anak. Nada irama yang riang, dan syair yang mendidik. Perlu kreatifitas kita sebagai orangtua untuk bisa selalu memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Keren....

10 Jun
Balas

Terima kasiihh... :)

10 Jun

Sama-sama...

11 Jun

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali